Seleksi CPNS 2019 Akan Mengadopsi Soal HOTS! Apa itu Soal HOTS?

Seleksi nasional penerimaan CPNS tahun 2019 kali ini, pemerintah melalui Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) akan menerapkan soal HOTS atau High Order Thingking Skills untuk soal cpns 2019 ini.

HOTS selama ini digunakan dan diterapkan pada Ujian Nasional (UN), baik untuk tingkat SD, SMP dan SMA sederajat.

HOTS juga digunakan dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru (SBMPTN). Soal HOTS atau High Order Thingking Skills adalah soal dengan kemampuan analisa tinggi.

Soal HOTS diperkenalkan dari konsep Benjamin S. Bloom, dalam buku yang berjudul Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals (1956).

apa itu soal hots

Yang mengategorikan berbagai tingkat pemikiran bernama Taksonomi Bloom, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi.

Baca:  Penerimaan CPNS 2019 - Bocoran Soal hingga Proses yang Harus Dilalui Peserta

Apa itu Soal HOTS?


Konsep ini merupakan tujuan-tujuan pembelajaran yang terbagi ke dalam:
  • Kognitif - Keterampilan Mental Seputar Pengetahuan
  • Afektif - Sisi Emosi Seputar Sikap dan Perasaan
  • Psikomotorik - Kemampuan Fisik seperti Keterampilan

HOTS merupakan bagian dari ranah kognitif yang ada dalam Taksonomi Bloom dan bertujuan untuk mengasah keterampilan mental seputar pengetahuan.

Ranah kognitif versi Bloom ini kemudian direvisi oleh Lorin Anderson, David Karthwohl, pada tahun 2001, yaitu:
  1. Mengingat (remembering)
  2. Memahami (understanding)
  3. Mengaplikasikan (applying)
  4. Menganalisis (analyzing)
  5. Mengevaluasi (evaluating)
  6. Mencipta (creating)

Tingkatan 1 sd. 3 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTS), sedangkan tingkat 4 sampai 6 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS).

HOTS adalah satu cara untuk menguji apakah seseorang bisa menganalisis, membandingkan, menghitung, dan sebagainya.

Jadi memang yang diperlukan adalah kemampuan yang tidak biasa, tidak hanya sekadar mengingat atau menghafal saja.

Soal model HOTS ini mendorong para peserta ujian untuk melakukan penalaran tingkat tinggi sehingga tidak terpaku hanya pada satu pola jawaban yang dihasilkan dari proses menghafal, tanpa mengetahui konsep ilmunya.

HOTS merupakan salah satu tuntutan keterampilan dalam pembelajaran abad milenial, yaitu berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.

Baca: Pendaftaran PPPK 2019 Segera Dibuka! Para Honorer, Pahami Syarat Dasar Penerimaan P3K Ini 

Soal HOTS memungkinkan untuk membuat jenis soal yang sama, namun dengan pertanyaan yang berbeda.

Hal ini bertujuan untuk menjaring calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang berkualitas serta sesuai dengan perkembangan teknologi informasi di era digital saat ini.

Dengan membiasakan diri mengulas dan mempelajari soal-soal yang menantang (HOTS), maka potensi diri Anda juga bisa terpacu untuk semakin berkembang.

Berikut ini kami berikan contoh soal Bahasa Inggris HOTS topik Vocabulary Enhancement

Contoh Soal HOTS Bahasa Inggris:


Sweet martabak (martabak manis), is a rich-flavoured pancake-like sweet dish which is popular in Indonesia. Sometimes referred to as "martabak bangka", where Bangka is an island in Sumatra. In Jakarta and West Java, Indonesia, these sweet, thick pancakes are also known as "terang bulan" or "kue pinang bangka". Sweet martabak is pan-cooked, using a specially shaped pan, usually with a diameter of about 25 cm and 3 cm thickness.

After cooking, the pancake is topped with a lot of butter or margarine and a (1) ____ of toppings according to the customer's (2) ____. The two major flavors are chocolate and cheese. Common toppings for chocolate flavor include a lot of chocolate sprinkles, coarsely ground peanuts, sweetened condensed milk and sesame seeds. As for the cheese flavor, grated cheese and condensed milk are used. After the toppings are added, the pancake is cut into two, and one side is flipped (3) ____ the other. A large amount of butter or margarine is then added onto the outer part or the skin of the martabak. The martabak can also be made half chocolate and half cheese, or both chocolate and cheese together which is usually called "martabak spesial". Banana as a topping is also becoming more popular recently.

A. upon
B. toward
C. throughout
D. into
E. onto

Jawaban: E

PEMBAHASAN:

Soal tipe sulit (HOTS) biasanya menyediakan pilihan kata yang tidak umum dan membutuhkan pembendaharaan kata yang tingkatnya lanjut dan/ atau pemahaman kontekstual yang tepat terhadap arti suatu kata tergantung penggunaannya dalam kalimat.

Dalam soal di atas, preposition juga dapat digolongkan sebagai soal yang sulit karena tidak hanya diartikan secara harfiah, tetapi juga membutuhkan exposure terhadap kata-kata tersebut sebelumnya, khususnya dalam phrasal verb atau phrasal adjective.

Kabiro Humas BKN, mengatakan panselnas saat ini tengah mengevaluasi soal-soal seleksi pada tahun lalu.

Namun, bukan berarti soal-soal CPNS pada tahun ini akan lebih sulit, hanya untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan tantangan masa kini.

Dalam menyiapkan soal tersebut panselnas pun melibatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Yang mana kedua kementerian tersebut pada penerimaan CPNS 2019 tahun ini juga merupakan anggota panselnas. Instansi-instansi tersebut mendapat tugas untuk membuat soal tes cpns 2019.

Soal HOTS ini tidak seperti yang ada pada soal Ujian Nasional maupun ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Soal HOTS pada seleksi penerimaan CPNS nantinya akan ada pada tes karakteristik kepribadian (TKP), yang berjumlah sebanyak 35 soal.

Soal-soal tkp ini nantinya akan meminta peserta untuk menilai dan memilih jawaban yang benar dalam menghadapi suatu kasus di kehidupan sehari-hari.

Baca:  Penerimaan ASN 2019 PPPK Dulu Baru CPNS - Berikut Perbedaan P3K dan PNS

Mengapa Panselnas CPNS 2019 Menerapkan Soal HOTS?


Alasan mengapa panita seleksi nasional menerapkan soal HOTS pada seleksi penerimaan CPNS 2019, khususnya pada soal soal tkp adalah agar ASN yang lolos dapat menyesuaikan dengan berbagai tantangan yang ada dalam melayani masyarakat.

Dalam Soal TKP tidak ada jawaban salah, semuanya benar.

Hanya saja, setiap pilihan jawaban memiliki bobot nilai yang berbeda-beda, mulai 4, 3, 2, dan yang terendah 1. Jadi tidak ada nilai 0.

Sedangkan untuk komposisi soal soal SKD masih sama seperti seleksi penerimaan cpns tahun 2018 yang lalu.
Ada 100 soal skd cpns yang harus dikerjakan peseta dalam waktu 90 menit, yang terdiri dari:
  • 35 Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  • 30 Soal Tes Intelejensia Umum (TIU)
  • 35 Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Mendikbud membenarkan bahwa ujian seleksi ASN 2019 ini menggunakan platform UNBK (ujian nasional berbasis komputer), namun tentu saja materinya berbeda.

Baca:  Rekrutmen CPNS Tahun 2019 Alokasi Formasi 254.173 untuk Pusat & Daerah

Saat ini, Soal HOTS merupakan soal-soal ujian berstandar internasional. Jadi, mulai sekarang bekali diri Anda untuk menghadapi ujian seleksi penerimaan CPNS 2019 mendatang dengan usaha yang maksimal.

Pelajari terus pembahasan soal-soal cpns di soalcpns.org agar Anda terbiasa dengan bentuk soal ujian tes cpns dan lulus serta menjadi PNS. Amiin!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Seleksi CPNS 2019 Akan Mengadopsi Soal HOTS! Apa itu Soal HOTS?"

Posting Komentar

cpns

soal cpns

tes wawasan kebangsaan

tes intelegensia umum

tes karakteristik pribadi